Sunday, July 8, 2012

Contoh Laporan Penugasan

Artikel Terkait



LAPORAN PENUGASAN

I.             Dasar                   :    -    Surat Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor 027/9346 tanggal 21 September 2011 perihal Pemberitahuan Penyelenggaraan Sosialisasi Pengadaan Barang/Jasa
-       Surat Penugasan Kepala Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatera Utara Nomor 049/4129-tarukim provsu/2011 tanggal 4 Oktober 2011

II.           Tujuan                 :    Menghadiri Sosialisasi Pengadaan Barang/Jasa yang diselenggarakan oleh Biro Perlengkapan dan Pengelolaan Aset Setdaprovsu, dilaksanakan pada Hari Senin s/d Rabu tanggal 10 s/d 12 Oktober 2011 di Inna Hotel Dharma Deli Medan Jl. Balai Kota No. 2 Medan

III.         Pelaksana            :    Staf Dinas ............. Provinsi ...............

IV.        Hasil                    :
        Tugas telah dilaksanakan pada waktu dan tempat sesuai dengan pemberitahuan penyelenggaraan sosialisasi. Adapun hal – hal yang dapat disampaikan adalah sebagai  berikut :
1.        Acara Sosialisasi dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara. Pemateri adalah Bapak Dr. Jamaluddin Abu Bakar Deputi Hukum dan Penyelesaian Sanggah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
2.        Proses pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa berdasarkan Perpres No. 54 tahun 2010  dan Matrik perbedaanya dengan Keppres 80 Tahun 2003 beserta perubahannya telah disampaikan kepada semua peserta sosialisasi.
3.        Dalam melakukan pengadaan Barang/Jasa harus memunculkan jenis, fungsi, kualitas, waktu diperlukan, lama penggunaan, tempat diperlukan dan siapa yang menggunakan barang/jasa, sedetail mungkin agar mendapatkan barang/jasa dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Semua factor tersebut berpengaruh terhadap HPS.
4.        Harga yang dipakai di HPS adalah harga sesuai harga pasar dan memperhitung variable – variable mendukung fungsi barang. Misalnya garansi tambahan, suku cadang tambahan.
5.        Lelang dinyatakan gugur apabila semua penawaran yang masuk diatas HPS.
6.        Sanggah Banding yang dilakukan oleh calon penyedia akan ditanggapi oleh Gubernur sebagai kepala daerah setelah pengadaan barang/jasa yang disanggah banding mendapatkan hasil audit dari Inspektorat. Akan diperlukan waktu yang lebih lama dalam birokrasi menjawab sanggah banding.
7.        Dasar pembentukan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) /Provinsi Sumatera Utara :
a.    Pergub No. 8 Tahun 2009 tanggal 19 Februari 2009 tentang Pedoman  Pelaksanaan Barang / Jasa Pemerintah Secara Elektronik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
b.      Keputusan Gubernur Sumatera Utara No. 027/1278/K/2009 tentang Unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
7.    Website e – Procurement atau Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) sebagai sarana aplikasi e – Procurement berbasis web telah ditampilkan dan dijelaskan alur kerjanya kepada semua peserta sosialisasi. Alamat website LPSE Provsu adalah www.lpse.sumutprov.go.id


V.          Saran                   :
Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan nantinya dalam proses pelelangan maka semua anggota panitia lelang harus memahami dan pernah melakukan simulasi pengadaan barang/jasa pelelangan secara elektronik (e-procurement). Pembuatan HPS dilakukan untuk semua paket pengadaan barang/jasa, baik itu dilelang umum, penunjukan langsung ataupun pengadaan langsung.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan dan mohon petunjuk.




(...............................)

No comments:

Post a Comment